Apakah kamu salah satu pengguna windows 10 tetapi masih bingung untuk menggunakan versi yang mana? Perlu untuk kamu ketahui bila windows 10 memiliki beberapa versi yang dirilis oleh Microsoft antara lain yaitu windows 10 Home, Pro atau bahkan Enterprise. Ternyata ada banyak, bukan? Dan setiap versinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing,lho. Kamu hanya perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan kebutuhanmu saat ini dengan versi yang tepat. 

Jadi, apa keperluanmu saat ini? Bila masih bingung, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja nih perbedaan dan fungsinya. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk menemukan versi yang tepat dan cocok sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah diartikel ini akan menjelaskan apa saja perbedaan windows 10 Home,Pro atau bahkan Enterprise. Apa sajakah itu? Berikut antara lain:

1. Windows 10 home


Apa kamu membutuhkan Windows untuk kebutuhan pribadi ataupun komputer rumah? Nah bila iya, maka rekomendasi yang tepat untuk kamu adalah windows 10 home. Mengapa demikian? Karena windows 10 home menyediakan fitur-fitur yang biasanya digunakan untuk PC sehari-sehari, misalnya cortana, outlook, onenote, windows hello, Microsoft edge dan masih banyak fitur lainnya. Jadi memang fitur pada Windows 10 home cocok digunakan pada keperluan yang standart. Jika kamu seorang pelajar, mungkin wndow 10 home juga sudah cukup kok.

Tidak hanya itu saja, windows 10 home juga mempunyai fitur keamanan bawaan yang cukup aman yaitu mencakup antivirus, firewall dan perlindungan internet. Sedangkan untuk kapasitas limit memori RAM windows 10 home hanya sampai 128 GB saja. 

Nah, setelah kamu mengetahui penjelasan tentang windows 10 home ini, kamu bisa menentukan versi apa yang cocok sebagai pilihan untuk penggunaan pribadi ataupun sehari-hari.

2. Windows 10 pro


Berikutnya adalah windows 10 Pro, dimana memiliki fitur yang hampir sama dengan windows 10 Home. Hanya bedanya, windows 10 pro sering digunakan untuk kebutuhan bisnis karena adanya system keamanan yang lebih kuat. 

Selain itu, windows 10 pro memiliki windows defender versi terbaik yang sudah dilengkapi enterprise data protection, yang merupakan modul untuk memastikan data tersebut aman dan tidak jatuh ketangan yang salah.

Jadi, apa yang menjadi perbedaan antara windows 10 pro dengan windows 10 home? Perbedaannya terletak pada fitur, dimana Bitlocker, device guard dan secure boot, remote desktop dan masih banyak lainnya tidak didapat ditemukan pada windows 10 home. 

Kira-kira kebutuhan kamu saat yang seperti apa? Bila pekerja kantoran, maka direkomendasikan menggunakan windows 10 pro ini karena adanya fitur-fitur tersebut yang bermanfaat dan membantu kamu dalam hal sistem keamanan para pengguna bisnis.

Kabarnya window 10 pro mendukung kapasitas RAM yang cukup tinggi yaitu 2 TB melebihi kapasitas windows 10 home yang hanya 128 GB. Oleh karena itu tidak heran kebanyakan pebisnis atau pengguna professional menggunakan windows 10 pro untuk digunakan dalam kebutuhan kantor maupun bisnis mereka. Nah, bagaimana tertarik untuk menggunakan windows 10 pro?

3. Windows 10 Enterprise


Sedangkan untuk windows 10 Enterprise, dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam organisasi berskala besar dan menengah. Caranya adalah dengan memberikan manajemen perangkat dan aplikasi yang lengkap bagi para professional IT. Jenis windows ini hanya bisa kamu dapatkan melalui volume licensing ataupun membelinya secara banyak karena cocok digunakan untuk kamu yang bekerja diperusahaan besar dan bonafide. 

Selain itu fitur yang ditawarkan oleh windows 10 enterprise berbeda dengan versi lainnya dimana applocker yang digunakan berguna membatasi beberapa aplikasi dalam mengakses aplikasi tertentu diperangkat lainnya. Kemudian ada direct access yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berupa jaringan internal maupun VPN secara instan yang terkoneksi melalui jaringan internet. 

Nah, setelah kita mengetahui satu persatu fungsi dan keunggulan windows 10 yaitu windows 10 Home,Pro dan Enterprise. Berarti kamu sudah paham secara baik perbedaan dari ketiga versi ini, bukan? Sebagai pertimbangan lain yang perlu kamu ketahui bahwa dalam penggunaan windows 10 ini tergantung dari kebutuhan pemakaian kamu. 

Bila kamu hanya menggunakan untuk keperluan sehari-hari bisa menggunakan windows 10 Home karena sudah memiliki fitur-fitur dan tingkat keamanan yang cukup baik. Dan bisa menggunakan versi windows 10 Pro jika kamu seorang pebisnis karena adanya fitur keamanan yang cukup kuat sehingga membantu kamu menjaga data agar tetap aman. 

Dam yang memiliki data yang cukup banyak, maka windows 10 Pro adalah rekomendasi yang tepat karena memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup.

Nah, Itu dia penjelasan mengenai perbedaan antara Windows 10 Home,Pro maupun Enterprise. Pasti kamu sudah tidak bingung lagi dan bisa menentukan versi apa yang akan digunakan untuk keperluan kamu.