Sepertinya kamu sudah tahu kalau Microsoft Office terdiri dari beberapa versi, bukan? Dan Microsoft Office 2016 dan 2019 adalah sebagian dari versi yang dimiliki. Nah, buat kamu yang ingin mempertimbangkan kedua versi ini, perlu mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat menentukan versi terbaik yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan dari Microsoft Office 2016 dengan 2019.

Apa itu Microsoft Office 2016?

Nah, versi 2016 adalah versi yang banyak digunakan untuk kebutuhan perkantoran, dan hanya membutuhkan satu kali pembayaran dalam pembelian paketan. Kemudian, bila menggunakan aplikasi ini tidak tersedia pembaruan versi terbaru, jadi hanya dapat menggunakan beberapa aplikasi lama saja. Dimana aplikasi ini juga hanya dapat digunakan pada 1 komputer atau 1 PC dan tidak dapat digunakan pada komputer lain. Tidak hanya itu saja, kamu juga hanya berkesempatan mendapatkan fitur pengeditan dasar yang disediakan di ponsel ataupun tablet kamu. Office 2016 sendiri bisa dijalankan di sistem operasi mulai dari Windows 7 hingga Windows 10.

Apa itu Microsoft Office 2019?

Jadi apa yang berbeda dengan Ms. Office 2019? Untuk mengetahuinya, baiknya pahami terlebih dahulu apa itu Ms. Office 2019, yaitu sebuah paket software yang produksi dan di distribusikan oleh Microsoft, dengan lisensi penuh. Dimana bila kamu membeli lisensi Office 2019 maka dapat digunakan seumur hidup, lho. Jadi tidak perlu lagi tuh melakukan pembelian berulang kali. Tentu berbeda dengan Office 365 yang mengharuskan melakukan perpanjangan bila lisensi sudah habis masa berlakunya. Untuk Microsoft Office 2019 hanya bisa dijalankan di sistem Operasi Windows 10.

Apa yang tidak ada pada Microsoft Office 2016 tapi ada pada 2019?

Jadi, versi apa saat ini yang digunakan pada laptop atau komputer kamu? Atau mungkin kamu ingin mempertimbangkan versi terbaik dari keduanya sebelum menentukan versi yang ingin digunakan? Seperti yang diketahui, Office 2019 adalah versi terbaru yang dirilis pada 28 September 2018, mungkin dari kamu masih banyak yang menggunakan Office 2016 dan ragu untuk upgrade pada versi terbaru yaitu 2019.

Nah, bila diperhatikan perbedaan Office 2016 dengan 2019 tidaklah terlalu signifikan, seperti tampilan yang masih sama dan fitur umum juga masih terlihat sama hanya beberapa tambahan fitur pada Office 2019 tidak ada di 2016. Apa sajakah itu?

· Menambahkan Efek Visual (Word, Excel dan PowerPoint)

· Terjemahkan Langsung (Word, Excel dan PowerPoint)

· Bisa Nulis Persamaan LaTeX (Word)

· Animasi Morf (PowerPoint)

· Zoom Panel (PowerPoint)

· Dukungan Pena Digital (PowerPoint)

· Dukungan Rumus baru (Excel)

· Corat Coret Baru (Word, Excel dan PowerPoint)

· 11 Diagram Baru (Accsess)

· Tipe data Angka Besar (Accsess)

· Suara isyarat Audio (Semua)

Memang masih ada pembaharuan di Microsoft Viso dan Publisher, akan tetapi 11 perubahan di atas adalah yang paling terlihat dalam membedakan office 2019 dengan 2016.

Lalu, apakah Ms. Office 2019 dapat dikatakan lebih baik dibandingkan dengan 2016?

Hal ini tergantung dari kebutuhan pemakaian, bila kamu hanya menggunakan dalam keperluan yang standart misalnya sebagai pelajar atau pekerjaan yang hanya membutuh fitur sederhana kami sarankan cukup menggunakan Office 2016 saja apalagi bila kamu sudah nyaman pada Office satu ini. Namun bila kamu penggemar Microsoft Office mungkin tidak ada salahnya menggunakan Office 2019 dengan lisensei yang lebih mahal namun worth it kok!

Demikian penjelasan mengenai perbedaan Microsoft Office 2016 dengan 2019, Jadi kamu tertarik menggunakan versi yang mana?