Masyarakat Indonesia pada umumnya lebih memilih untuk mengunduh software bajakan daripada membeli software original. Tapi tahukah kalian banyak bahaya yang siap menyerangmu setelah kamu menginstall software bajakan tersebut? Disini kita akan membahas hanya sebagian kecil bahaya software bajakan yang umumnya terjadi.

MALWARE & VIRUS

Ketika kamu menggunakan software original, kamu akan yakin dan aman bahwa software tersebut hanya melakukan apa yang seharusnya software tersebut lakukan. Tetapi ketika kamu menggunakan software bajakan, yakinlah bahwa software yang kamu download tersebut sudah terinfeksi virus dan malware. Kenapa? Karena software bajakan adalah media yang paling mudah bagi pelaku kriminal cyber untuk menyebarkan virus dan malware ke komputer korbannya. Biasanya mereka menambahkan fungsi lain di dalam software tersebut untuk menyebar virus dan merusak komputermu bahkan tanpa kamu ketahui.

Untuk hal simple, pernahkah komputermu muncul iklan-iklan yang menyebalkan secara tiba-tiba setelah menginstall sebuah software? Itu adalah salah satu bentuk malware yang paling sering digunakan pembajak software. Tentu saja, setiap iklan yang tampil di komputermu adalah duit yang terus mengalir untuk mereka. Malware berupa iklan ini sangat sulit dilacak dan dihapus karena biasanya nama berkas malware tsb sama dengan file-file umum yang ada dikomputermu. Butuh ahli dan waktu untuk melepaskannya secara penuh.

DCA (Digital Citizens Alliance) telah melakukan riset dan menemukan hasil yang mengejutkan. 1 dari 3 software bajakan yang beredar berisi malvare dan software tersebut sangat sulit diidentifikasi sebagai malware kecuali kamu membongkar kode kode yang terdapat di dalamnya.


HASIL YANG TIDAK DAPAT DIPERCAYA

Karena kode-kode yang didalam sudah diubah, tentu saja fungsi yang dihasilkan software tersebut juga berubah. Akurasi dari software yang sudah diubah tersebut jadi jauh melenceng dari yang semestinya.

Misalkan saja kamu menggunakan software CAD bajakan untuk men-desain proyek jalan, jembatan, gedung, dsb. Bagaimana jika kalkulasi ukuran menjadi salah? Bagaimana hasil yang ditampilkan tidak 100% akurat? Hal ini mungkin terdengar gila, tapi mengigat yang dibahas saat ini adalah pembajakan software, hal sekecil ini bisa saja menyebabkan kerusakan dan kehilangan dalam hidupmu.

Yang perlu kalian ingat, para pembajak tidak terlalu memikirkan kerusakan software yang mereka buat. Mereka hanya berpikir hal hal yang menguntungkan bagi mereka dalam pembajakan software tersebut.

PENCURIAN DATA PENTING DAN RAHASIA

Dari yang sudah kita bahas sebelumnya, para pembajak biasanya merubah kode yang juga dapat merubah fungsi dari software tersebut. Mereka bisa dengan sangat mudah menambah fungsi software tersebut sebagai alat untuk mencuri data data penting seperti merekam data kartu kredit yang kamu input untuk berbelanja online, mencuri berkas kerja dan pribadi kemudian meng-unggahnya ke internet, menghidupkan webcam secara sembunyi. Dan hebatnya lagi, semua itu bisa dilakukan secara otomatis dan tanpa kamu ketahui setelah kamu meng-install software bajakan yang mereka tawarkan. Bayangkan saja tiba-tiba tagihan kartu kreditmu membengkak karena telah digunakan oleh para penjahat cyber. Belum lagi jika foto-foto pribadi dan hal yang sangat privasi bagimu tersebar di internet.

Tidak percaya? Saya penulis blog ini bisa dengan sangat mudah melakukan itu semua dengan software sederhana dan ringan seperti IDM (Internet Download Manager). Tapi buat apa menghasilkan dari perbuatan jahat jika kamu juga bisa menghasilkan dari berbuat baik?

HUKUM NEGARA

Mungkin untuk saat ini di Indonesia hukum dalam software bajakan hanya berlaku untuk perusahaan. Banyak sekarang perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk menggunakan software originial di dalam komputernya. Jika kamu masih memaksa menggunakan software bajakan, jangan terkejut apabila suatu saat nanti polisi akan datang di depan rumahmu, menggeledah isi komputermu dan membawamu ke penjara.

Bukan hanya itu, bagaimana jika komputermu diretas dan dikontrol oleh pelaku kriminal cyber kemudian mereka melakukan kejahatan dari komputermu seperti penipuan, spamming, pencurian, penyerangan cyber, dll. Semua itu bisa mereka lakukan tanpa menyentuh komputermu, hanya dengan kesalahan kecil yaitu tergoda untuk meng-install software bajakan gratis.


Jadi, buat apa mengambil resiko yang begitu besar jika kamu bisa medapatkannya tanpa resiko?